Timnas Prancis Rayakan Kemenangan Sebelum Lawan Spanyol

BACA JUGA

Football5Star.net, Indonesia – Jelang partai melawan timnas Spanyol pada semifinal EURO 2024, timnas Prancis merayakan sebuah kemenangan. Jangan salah, ini bukan berarti mereka jemawa dan merayakan kemenangan sebelum pertandingan berlangsung. Mereka merayakan kemenangan lain.

Hal yang dirayakan para pemain Les Bleus adalah kepastian Partai Sayap Kanan yang kalah dalam pemilihan umum legislatif Prancis. Bagi mereka, kekalahan partai yang dipimpin Marine Le Pen itu adalah sebuah kemenangan yang patut dirayakan karena memastikan Prancis tak akan dipimpin golongan ultranasionalis.

Hasil pemilu legislatif Prancis disambut gembira para pemain timnas Prancis.
Getty Images

Berdasarkan hasil exit poll, pemilu legislatif Prancis dimenangi aliansi partai berhaluan kiri meskipun dengan tidak mutlak. Di belekang mereka, ada aliansi tengah pimpinan Presiden Emmanuel Macron. Sementara itu, partai kanan jauh pimpinan Le Pen yang sempat unggul pada putaran pertama justru finis di posisi ketiga.

Hasil itu melegakan bagi banyak pemain timnas Prancis. “Kemenangan rakyat,” ujar Aurelien Tchouameni seperti dikutip Football5Star.net dari akun X-nya. Sementara itu, Ibrahima Konate mengunggah bendera Prancis berselang-seling dengan palang blokade. Lalu, Ousmane Dembele menggunggah foto tersenyum di Instagram Story-nya.

Para pemain timnas Prancis lega kelompok ekstrem kanan kalah dalam pemilu legislatif.
Getty Images

Kecemasan Timnas Prancis

Meskipun diminta untuk bersikap netral, sejumlah pemain timnas Prancis tetap saja tak bisa menyembunyikan kecemasannya. Ibaratnya, sejak partai awal pada fase grup, mereka bermain dengan kecemasan akan hasil pemilu. Mereka tak ingin partai sayap kanan berkuasa karena dinilai akan merusak dan mengganggu keberagaman di Prancis.

Pada awal turnamen saja, kapten Kylian Mbappe sudah menyuarakan hal itu. Pemain berdarah Kamerun tersebut tegas-tegas berharap partai pimpinan Marine Le Pen kalah. Untuk itu, dia mengimbau rakyat Prancis untuk berbondong-bondong ke bilik suara untuk memastikan partai sayap kanan tak menang.

Jules Kounde menyampaikan selamat kepada rakyat Prancis.
Getty Images

Ketika hasil pemilu menunjukkan partai Le Pen kalah, para pemain Les Bleus pun puas dan tak sungkan menyuarakan kegembiraan lewat unggahan di akun media sosial. Unggahan yang lumayan panjang dibuat bek kanan Barcelona, Jules Kounde. Sejak awal, dia memang menyerukan rakyat Prancis untuk mencegah mereka berkuasa.

“Rasa lega ini setara dengan kecemasan yang dirasakan beberapa pekan terakhir. Ini luar biasa. Selamat kepada semua rakyat Prancis yang telah melakukan mobilisasi untuk memastikan negeri Prancis yang ini tak diperintah oleh kelompok ekstrem kanan,” tulis Kounde di akun X-nya.

More From Author

Berita Terbaru