Shin Tae-yong Tak Maksud Bikin Korsel Gagal ke Olimpiade dan Coreng Rekor Hwang Sun-hong

BACA JUGA

Football5Star.net, Indonesia – Pelatih Shin Tae-yong mengaku tak bermaksud bikin Korea Selatan gagal ke Olimpiade dan mencoreng rekor pelatihnya, Hwang Sun-hong. Dia pun mengaku memiliki rasa yang aneh usai bawa Indonesia menang atas Korsel di perempat final Piala Asia U-23 2024.

Shin Tae-yong memang gagal membawa timnas U-23 Indonesia lolos Olimpiade. Namun, pada Piala Asia U-23 lalu, dia sukses membuktikan tangan dinginnya kepada publik sendiri. Pasalnya, dia bersama Indonesia berhasil mengandaskan Korsel lewat drama adu penalti di perempat final.

Shin Tae-yong Tak Maksud Bikin Korsel Gagal ke Olimpiade dan Coreng Rekor Hwang Sun-hong
Getty Images

“Ya membawa Indonesia ke semifinal Piala Asia U-23 menjadi yang paling berkesan buat saya. Meski sebenarnya saya tak berniat melawan Korea. Saya berpikir akan lebih baik untuk tak sua Korea. Meski sebelum turnamen kami pergi ke Dubai untuk janjian ketemu,” kata Shin Tae-yong dikutip dari kanal YouTube KBS.

Ketika itu, timnas U-23 Indonesia memang jalani TC di DUbai bersamaan dengan Korsel. Nah dalam TC tersebut, Shin sempat berbincang dengan pelatih Hwang Sun-hong. Dalam perbincangan itu, keduanya sambil bercanda janjian bersua di babak gugur karena memang Indonesia dan Korsel tak satu grup.

Shin Tae-yong Tak Sangka Janji Itu Ternyata Benar Terjadi

Nah Shin Tae-yong pun tak menyangka janji itu benar terjadi. “(Di sana) kami melakukan laga uji coba dengan Uni Emirat Arab. (Hwang) Sun-hong memintaku untuk mengupload beberapa video. Saya tak mau,” papar dia.

Shin Tae-yong Tak Maksud Bikin Korsel Gagal ke Olimpiade dan Coreng Rekor Hwang Sun-hong
AFC

“Setelah pertandingan pertama dan kedua, saya berpikir, ‘Jika saya melakukan kesalahan, ini akan berakhir (dengan melawan) Korea’,” papar dia. Benar saja, pertandingan Indonesia vs Korea tercipta pada babak perempat final.

Shin Tae-yong dan Indonesia berhasil menang via adu penalti sekaligus merusak catatan Hwang Sun-hong yang bisa jadi pelatih pertama yang bawa Korsel ke Olimpiade 10 kali beruntun. “Bagian yang paling memilukan adalah pelatih Hwang harusnya menjadi orang pertama di dunia yang bisa maju 10 kali berturut-turut. Bahkan setelah pertandingan, suasana hatiku sebenarnya sangat bagus, tapi itu membingungkan,” tutup dia.

More From Author

Berita Terbaru