Liga 1 Tanpa Suporter Tandang Bukan Keinginan PSSI, Tapi FIFA

BACA JUGA

Football5Star.net, Indonesia – Liga 1 yang musim ini tanpa suporter tandang dianggap bukanlah keinginan dari PSSI. Tapi, FIFA yang sudah sejak awal mengintruksikan PSSI agar melarang suporter bertandang ke markas tim lawan setelah Tragedi Kanjuruhan.

Sebenarnya, diberlakukannya larangan suporter tamu di Liga 1 sudah berlangsung sepanjang musim lalu. Beberapa kali pula, ada suporter yang bandel sehingga Komdis PSSI memberikan sanksi berupa denda kepada klub yang pendukungnya melanggar.

Banyak yang menganggap kalau aturan larangan suporter tamu di Liga 1 malah memicu gesekan-gesekan dan diharapkan dihapuskan musim 2024-25. Namun nyatanya PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tetap menerapkan aturan tersebut. Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, bilang kalau aturan Liga 1 tanpa suporter tamu itu sesuai dengan surat FIFA.

Liga 1 Tanpa Suporter Tandang Bukan Keinginan PSSI, Tapi FIFA
Facebook Persib Bandung

“(Instruksi FIFA) Sudah lama, ketika Piala Dunia U-20 gagal, diminta presentasi transformasi sepak bola, apa dilakukan, infrastruktur, meminta komitmen hampir semua stadion diperbaiki, infrastruktur benar tetap saja ada kejadian sesuatu bisa (timbulkan) korban. Salah satunya itu,” papar Arya kepada awak media.

“Satu permintaan dari FIFA adalah 2 tahun tidak ada suporter tamu (di Liga 1). Kami persentasi kepada FIFA, waktu gagal tuan rumah Piala Dunia U-20, kita gak tahu di-banned dll. ‘Anda minta jadi tuan rumah, tiba-tiba penolakan’. Ada harga yang harus dibayar oleh banyak pihak. Banyak kerugian yang mau tidak mau mempresentasikan FIFA masalah itu,” tambah dia.

PSSI pun Rugi Tak Ada Suporter Tamu di Liga 1

Arya menambahkan, kalau PSSI pun merugi ketika Liga 1 tak ada suporter tamu. Animo dan atmosfer pertandingan, kata dia, jelas berbeda bila suporter tamu dan tuan rumah berdampingan mendukung timna masing-masing di satu stadion.

Liga 1 Tanpa Suporter Tandang Bukan Keinginan PSSI, Tapi FIFA

“Kami juga rugi ketika gak ada suporter away, masa kami senang? Tidak mungkin. Tidak sempurna laga sepak bola. Ada ketentuan yang harus dipatuhi bersama-sama. Kita bakal melakukan pembenahan, mana pembenahan, infrastruktur, VAR dulu mimpi sekarang kita pakai, bagian transformasi yang diberitahu ke pada FIFA. Ini proses yang kami lakukan. Rugi kalau gak ada penonton (tandang di Liga 1) buat kami,” tutup dia.

More From Author

Berita Terbaru