AFC Ajax Copot CEO Alex Kroes yang Belum 1 Bulan Bekerja

BACA JUGA

Football5Star.net, Indonesia – Prahara internal belum juga usai di tubuh AFC Ajax. Selasa (2/4/2024), manajemen klub raksasa Belanda itu secara resmi mengumumkan pembekuan status CEO Alex Kroes. Hal itu dilakukan setelah yang bersangkutan terbukti melakukan aktivitas insider trading. Padahal, dia baru bertugas kurang dari 1 bulan.

Kroes yang mulai menjalankan tugas sebagai SEO pada 15 Maret 2024 diketahui membeli 17.000 lembar saham AFC Ajax hanya sepekan sebelum diumumkan akan jadi CEO klub itu pada 2 Agustus 2023. Dewan pengawas klub lantas meminta pendapat hukum dari luar yang mengindikasikan dia terlibat dalam insider trading yang termasuk dalam tindakan kriminal.

Alex Kroes baru menjalankan tugas sebagai CEO di AFC Ajax pada 15 Maret 2024.
ajax.nl

“Kami sangat kecewa hal ini terjadi di Ajax karena sangat merugikan klub dan semua orang yang menyayanginya. Tindakan Alex Kroes tidak sejalan dengan nilai-nilai yang dianut Ajax. Waktu pembelian saham yang dilakukannya mengindikasikan insider trading,” urai Michael van Praag, Ketua Dewan Pengawas Ajax, seperti dikutip Football5Star.net dari laman resmi klub.

Dia menambahkan, “Pelanggaran hukum seperti itu tidak dapat ditoleransi oleh perusahaan publik, terutama ketika melibatkan CEO. Setelah melalui pertimbangan matang, Dewan Pengawas memutuskan posisi Alex sebagai direktur tak dapat dipertahankan.”

Michael van Praag mengumumkan pembekuan CEO Alex Kroes.
fcupdate.nl

AFC Ajax Rekrut Eks KNVB

Saat ini, AFC Ajax memang baru membekukan status Alex Kroes sebagai CEO. Namun, mereka juga mempertimbangkan pemutusan kontrak secara permanen. Bahkan, mereka dikabarkan sudah mencari sosok baru yang akan menjadi pengganti pria berumur 49 tahun tersebut.

Velentijn Driessen, jurnalis olahraga kawakan Belanda, menyebut De Godenzonen sudah punya incaran pasti. Dia adalah Bert van Oostveen, eks direktur di Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB). Menurut dia, nama pria berumur 53 tahun itu sekarang sedang hangat dibicarakan di internal Ajax.

Bert van Oostveen jadi kandidat CEO baru AFC Ajax.
ajaxshowtime.nl

“Saya mendengar nama Van Oostveen. Nama itu dibicarakan terus di Ajax,” ucap dia kepada Vandaag Insider seperti dikutip Voetbal Primeur. “Dia sangat dikenal Michael van Praag dan tentu saja dia juga pernah bekerja di KNVB (sebagai Direktur Sepak Bola Profesional pada 2010 hingga 2016).”

Meskipun demikian, secara pribadi, Driessen punya kandidat tersendiri. Dia adalah Michael Kinsbergen. Pria berumur 65 tahun tersebut bukan sosok asing di AFC Ajax karena pernah menjabat CEO pada 2012 hingga 2015. Terakhir, dia menjadi Kepala Operasional dan Infrastruktur AZ Alkmaar pada 2018 hingga 2019.

More From Author

Berita Terbaru